Program Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021


Program Semester Kelas 1 sampai 6 Semester 1 K-13 Revisi Terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021


Sahabat guru saya akan berbagi Program Semester untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2. Progran Semester 1 dan 2 ini saya susun berdasarkan Tema, Sub Tema, dan Pelajaran di setiap jenjang kelas dari kelas 1 sampai kelas 6.

Jumlah tema untuk kelas bawah (1, 2, 3) pada semester 2 adalah 4 tema, yaitu Tema 1, Tema 2, Tema 3, dan Tema 4. Dengan masing-masing Sub tema setiap Tema nya adalah 4 sub tema. Untuk kelas atas (4, 5, dan 6) sama jumlah tema nya ada 5, yaitu tema 1, tema 2, tema 3, tema 4 dan tema 5. Dengan masing-masing sub tema pada setiap temanya adalah 3 sub tema ditambah sub tema ke-4 Kegiatan Literasi dan Kegiatan Berbasisi Proyek.

Penyusunan Program Semester berdasarkan Program Tahunan yang telah dibuat di awal tahun. Sementara Program Semester dibuat di awal semester ganjil dan semester genap. Mengapa harus berdasarkan Program Tahunan, Karena untuk menentukan jumlah jam pada masing-masing tema pada tiap kelasnya. Kita ketahui analisis Minggu Efektif (ME), Hari Efektif (HE) dan jumlah jam efektif ketika akan menyusun Program Tahunan.

Pada Program Semester untuk Tematik dari kelas 1 sampai kelas 6 dimulai dengan :
  • Judul Program Semester
  • Idebtitas (Nama Sekolah, Kelas/Semester)
  • Tahun Pelajaran
  • Tema
  • Rabel Program Semester (terdiri dari kolom nomor, tema, sub tema, alokasi waktu dan kolom centang pelaksanaanya, terakhir keterangan atau program dan realisasi)
Kemudian, Program Semester ini dijadikan acuan dalam penyusunan Silabus Pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Yang dijadikan acuannya adalah alokasi waktu (AW) dan waktu pelaksanaan pembelajaran, agar guru mendapatkan gambaran kapan pelaksanaan pembelajaran untuk setiap tema dan sub temanya.

Baiklah sahabat guru jika membutuhkan Program Semester untuk Kelas 1, 2, 3, 4,5, dan 5 Kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021 silahkan unduh pada tautan berikut ini.

Program Semester 1 Kelas 1 silahkan DOWNLOAD
Program Semester 1 Kelas 2 silahkan DOWNLOAD
Program Semester 1 Kelas 3 silahkan DOWNLOAD
Program Semester 1 Kelas 4 silahkan DOWNLOAD
Program Semester 1 Kelas 5 silahkan DOWNLOAD
Program Semester 1 Kelas 6 silahkan DOWNLOAD

Itulah Program Semester K 13 semester 1 untuk kelas 1 sampai 6 Kurikulum 2013 edisi revisi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa kunjungi terus www.gurukuhebat.com
Baca Juga
Wayan Suastika, S.Pd
Wayan Suastika, S.Pd

Seorang Guru Kelas SD Negeri 1 Wia Wia, Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar