Panduan Aplikasi Pendaftaran Peserta UN SD 2016

Panduan Aplikasi Pendaftaran Peserta UN SD 2016

Panduan Aplikasi Pendaftaran Peserta UN SD 2016
Pendaftaran calon peserta UN jenjang SD tahun 2016 akan menggunakan data Peserta Didik yang terdaftar di Aplikasi Dapodik.
Pendaftaran calon peserta Ujian Nasional (UN) jenjang SD tahun 2016 akan menggunakan data Peserta Didik yang terdaftar di Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Untuk itu, sekolah diharapkan segera memeriksa kelengkapan dan memutakhirkan data peserta didik calon peserta UN di Aplikasi Dapodik seperti identitas pribadi peserta didik, NISN, dan data orang tua peserta didik.


Sedangkan untuk verifikasi data peserta didik yang menjadi calon peserta UN SD 2016 dapat dilakukan di website Manajemen UN. Data hasil verifikasi calon peserta UN di website Manajemen UN diserahkan oleh sekolah kepada Panitia UN di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota selanjutnya akan diproses menjadi data Peserta Ujian Nasional oleh Panitia UN Pusat.

Panduan lengkap cara melakukan pendataan calon peserta UN tahun 2016 untuk jenjang SD

1. Login di manajemen UN, silahkan klik https://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/


2. Berikut tampilan Beranda laman manajemen UN.


3. Pilih Menu Utama Peserta UN.


4. Filter Data Peserta Didik.


• Menu Filter Data Peserta Didik memiliki fungsi untuk memudahkan dalam mendeteksi data Peserta Didik yang sudah memiliki NISN dan belum memiliki NISN.

• Data Peserta Didik yang berwarna merah menandakan data Peserta Didik dengan NISN masih kosong dan atau tidak valid. Untuk memperbaikinya lakukan verifikasi dan validasi data NISN di vervalpd.data.kemdikbud.go.id

5. Pengaturan Nomor Kursi.


Menu pengaturan ini memiliki fungsi untuk mengatur urutan Rombel agar dapat digunakan untuk urutan ruangan ujian dan bangku siswa.

6. Unduh data calon peserta UN dan Berita Acara.


Data yang diunduh terdiri dari :
• File data Calon (.dz)
• File Berita Acara (.pdf)

Contoh Hasil Unduhan Untuk Dikirim ke Dinas Pendidikan:


Jika ada perubahan atau perbaikan, data diperbaiki melalui sinkronisasi pada aplikasi Dapodik. Perubahan tersebut otomatis mengubah data di manajemen UN secara realtime. Pastikan NISN valid melalui aplikasi vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Proses pengisian Dapodik untuk pendaftaran calon peserta UN berakhir pada 31 Desember 2015.

Selengkapnya Panduan Manual Penggunaan Website Manajemen UN SD Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat didownload di sini.
Baca Juga
Wayan Suastika, S.Pd
Wayan Suastika, S.Pd

Seorang Guru Kelas SD Negeri 1 Wia Wia, Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar