Roster/Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 1-6 SD


 
Dalam Kurikulum Merdeka pembelajaran akan dikembalikan ke dalam pendekatan mata pelajaran. Artinya dalam penyusunan jadwal akan menggunakan pembagian waktu per minggu menggunakan mata pelajaran.

Tentu hal ini cukup memudahkan guru / pendidik dalam menyusun jadwal pelajaran yang berbeda dengan jadwal pelajaran Kurikulum 2013 yang mana untuk menyusunnya harus memperhatikan Rincian Minggu Efektif dan Hari Efektif.

Meskipun dalam penyusunan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka cukup mudah, rekan rekan guru harus memperhatikan beberapa hal baru yang ada di dalam kurikulum merdeka.

Hal baru yang ada di dalam Kurikulum Merdeka adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Proyek ini merupakan pembelajaran yang wajib di sertakan dalam penyusunan jadwal baik dilakukan per akhir pelajaran, per minggu ataupun per periode.

Lalu apa itu proyek penguatan profil pelajar pancasila? Secara sederhana bisa diartikan pembelajaran lintas disiplin ilmu / penggabungan pembelajaran antara beberapa pelajaran yang dilakuakan dengan pembelajaran berbasis proyek atau praktek pandalaman materi untuk memperoleh pemahaman dan penyelesaian masalah yang dilakukan secara langsung oleh peserta didik.

Untuk penyusunan terdapat tiga pilihan pembagian waktu untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu :

Per Jam

Guru / pendidik mengalokasikan 1—2 jam pelajaran di akhir hari dalam pembelajaran. Dalam plihan pertama ini guru tidak harus melibatkan guru mata pelajaran lain dalam melakukan proyeknya. Khusus untuk mengerjakan projek bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

Per Hari

Guru / Pendidik mengalokasikan waktu dan menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek. Jadi dalam satu hari seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk projek. 
 
Dalam kegiatan ini guru kelas harus berkoordinasi dengan guru mata pelajaran untuk menentukan jenis proyek yang sesuai dan relefan dengan materi ajar.

Per Periode

Guru / Pendidik mengalokasikan dan mengumpulkan serta memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu misalnya dalam setangah semester digunakan 1 minggu untuk pelaksanaan pembelajaran proyek di mana semua pendidik dan beberapa kelas bisa berkolaborasi.

Berikut Contoh Jadwal Pelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka :

Untuk Jenjang SD, Silahkan unduh pada link dibawah ini :
  • Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 1 DOWNLOAD
  • Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 2 DOWNLOAD
  • Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 3 DOWNLOAD
  • Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 4 DOWNLOAD
  • Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 5 DOWNLOAD 
  • Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 6 DOWNLOAD  
Demikian Kami sampaikan Jadwal Pelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka , Semoga Bermanfaat .
Baca Juga
Wayan Suastika, S.Pd
Wayan Suastika, S.Pd

Seorang Guru Kelas SD Negeri 1 Wia Wia, Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar