Download RPP / Modul Ajar Kurikulum Merdeka Semua Jenjang PAUD/SD/SMP/SMA


Kurikulum Merdeka sebagai bentuk pebelajaran dengan paradigma baru berfungsi untuk memberikan kepastian praktik pembelajaran yang berpusat pada siswa. dengan kata lain kurikulum merdeka adalah sebuah siklus dari pemetaan standar kompetensi, perencanaan, dan pelaksanaan dengan tujuan siswa mencapai kompetensi yang diharapkan

Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Pembelajaram paradigma baru memberikan keleluasaan kepada siswa dalam rancangan pembelajaran serta asesmen sesuai karakteristik serta kebutuhan siswa. pada kurikulum merdeka ini Profil Pelajar Pancasila berperan menjadi penuntun arah sistem pendidikan Indonesia.


Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka

berupa kompetensi serta karakter yang dipelajari lintas disiplin ilmu yang tertuang kedalam enam 6 dimensi , berikut ke-enam dimensi Profil Pelajar pancasila :

  1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
  2. Berkebinekaan Global
  3. Bergotong Royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar Kritis
  6. Kreatif


Alur Tujuan Pembelajaran / ATP Kurikulum Merdeka / Silabus Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajara yang disingkat ATP yang merupakan Setandar Kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa pada setiap tahap perkembangan setiap mata pelajaran, ATP ini ditetapkan oleh pemerintah yang berisikan capaian pembelajaran memuat sekumpulan Kompetensi dan Lingkup Materi.


ATP / Alur Tujuan Pembelajaran berfungsi sama dengan Silabus, yang berguna sebagai acuan menyusun perencanaan Pembelajaran / RPP , Silabus /ATP kurikulum Merdeka Unduh DISINI

 

Modul Ajar Kurikulum Merdeka / RPP Kurikulum Merdeka

Modul Ajar ialah salah satu jenis perangkat ajar dalam kurikulum merdeka modul ajar sekolah dapat mengunakan modul ajar yang telah disediakan oleh pemerintah, modul ajar dapat dipadankan dengan RPP Kurikulum Merdeka, Modul Ajar dapat di katakan sebagai RPP Plus karena lebih lengkap dari RPP Konvensional.

Satuan Pendidikan dapat mengembangkan modul ajar secara mandiri sehingga dapat di padankan sebagai RPP Kurikulum Merdeka, sekolah dapat menggunakan berbagai perangkat ajar termasuk modul ajar atau RPP dengan kelengkapan koponen dan format yang beragam sesuai kebutuhan peserta didik.


Komponen Modul Ajar / RPP Kurikulum Merdeka

Modul Ajar di susun untuk memandu pendidik/guru dalam melaksanakan proses pembelajran. adapun komponen dalam modul ajar ditentukan oleh pendidik sesuai kebutuhan berikut komponen dalam modul ajar:

  1. Informasi Umum yang memuat : Identitas penulis, Kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, target persertadidik, model pembelajaran
  2. Komponen Inti memuat : Tujuan pembelajaran, Asesmen, Pemahaman Bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajran, refleksi peserta didik dan pendidik
  3. Lampiran memuat : LKS, Pengayaan dan remedial, Bahan bacaan siswa dan guru, Glossarium, daftar pustaka

Komponen-komponen tersebut tidak semua wajib tercntum dalam modul ajar yang dikembangkan oleh guru, guru diberikan kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul ajar kurikulum merdeka.


Modul Ajar / RPP Kurikulum Merdeka Resmi dari Kemdikbudristek Lengkap untuk PAUD SD SMP SMA.

Modul Ajar secara resmi sudah disediakan oleh pemerintak melalui Platform Merdeka Mengajar, platform ini di sediakan dalam mempermudah pendidik/guru dalam melaksanakan peroses pembelajaran, didalamnya sudah tersedia pelatihan, contoh asesmen siswa, perangkat ajar ( Buku Siswa, Buku Guru, serta Modul Ajar).

Platfom Merdeka Mengajar dapat di akses melalui PC/Leptop melalui laman Guru Kemdikbud serta melalui ponsel android dalam aplikasi Merdeka Mengajar , pendidik/guru dapat mengunduh perangkat ajar berupa buku teks , modul ajar/RPP kurikulum merdeka, asesmen siswa serta dapat berbagi bahan ajar dan mengupload bukti karya. dalam laman tersebut sudah tersedia lengkap Modul ajar/RPP kurikulum merdeka untuk semua mata pelajaran semua jenjang PAUD SD SMP SMA

Modul Ajar dalam platfor Merdeka mengajar sudah lengkap tersusun per-matrei dan per-pertemuan dan dapat di unduh, adapun kelengkapanya terdiri dari :

  1. Detail Kegiatan
  2. Materi Pendukung
  3. Latihan/Asesmen
  4. Instrumen Refleksi

 

Cara Download Bahan Ajar Lengkap Kurikulum Merdeka Semua Jenjang PAUD SD SMP SMA

Berikut cara untuk mengunduh bahan ajar Kurikulum merdeka yang berupa buku teks serta modul ajar/ RPP kurikulum Merda melalui platform Merdeka mengajar melalui ponsel android (gunakan aplikasi android karena lebih mudah untuk mendowload atau mengunduh perangkat pembelajaran) :  

 

  • Instal aplikasi pada phonsel android melalui google play store atau klik link berikut Merdeka Mengajar .


 

 

  • Buka Aplikasi Merdeka mengajar yang telah teristal, kemudian akan tersedia berbagai layanan yang tersedia, untuk mengunduh RPP kurikulum Merdeka Kelik pada bagain "Perangkat Ajar"

 

 

  • Untuk Pertama kali kita mengakses aplikasi merdeka mengajar maka kita diwajibkan untuk login atau mausk mengunakan gmail, disarankan mengunakan "akun Belajar.id"



  • setelah berhasil login kita masuk kemenu utama Perangkat ajar selanjutnya kita dapat memilih Mata Pelajaran serta Fase/Kelas untuk mendapatkan perangkat ajar yang kita perlukan.

 





  • pada bagian bawah akan berderet pilihan berbagai bahan ajar dari Buku Murid, Buku Guru, Modul Ajar, silahakn pilih bahan ajar yang diperlukan

 

  • dalam Modul ajar (per Materi) yang disediakan sudah lengkap terdiri dari, Detail Kegiatan, Materi Pendukung, Laihan/Asesmen, dan Instrumen Refleksi, komponen tersebut dapat didownload terpisak sesuai kebutuhan dengan klik tombol " Lihat detail". Namun Untuk Download Lengkap Modul ajar dapat langsung kelik tombol "Unduh Perangkat Ajar" (tombol ini hanya berfungsi pada aplikasi android Merdeka mengajar)


 

  • setelah itu kita menunggu perose mengunduh yang nantinya kan otomatir terunduh semua file modul ajar per materi lengkap (Detail Kegiatan, Materi Pendukung, Laihan/Asesmen, dan Instrumen Refleksi,) selanjutnya kita dapat mengases file tersebut pada folder download/ mengajar/ pada ponsel kita. kemudian bisa kita pindahkan ke perangkat lainnya.



Download RPP Kurikulum Merdeka Lengkap Semua Jenjang PAUD SD SMP SMA DISINI

 
File Buku Teks kurikulum merdeka semua mata pelajaran dan seluruh jenjang yang berupa buku guru dan buku siswa secara resmi dapat di Download pada laman SIBI, cara cek DISINI

Dimikian gurukuhebat.com dapat informasikan dan bagikan terkait bahan ajar kurikulum merdeka yang berupa cara download legkap Modul Ajar / RPP Kurikulum Merdeka PAUD SD SMP SMA, semoga dapat memberikan tambahan wawasan, serta mohon masukan dan komentarnya,



Baca Juga
Wayan Suastika, S.Pd
Wayan Suastika, S.Pd

Seorang Guru Kelas SD Negeri 1 Wia Wia, Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar