Modul Literasi dan Numerasi Tingkat Sekolah Dasar (SD)


Modul Literasi dan Numerasi SD - Dalam masa darurat yang didasarkan pada pendidikan pembelajaran, keterbatasan sumber daya dan teknis berdampak pada kemungkinan pembelajaran yang tersampaikan secara utuh, alternatif terbaik adalah pelaksanaan pembelajaran difokuskan pada literasi dan numerasi. 


Modul ini dikembangkan untuk digunakan oleh siswa, orang tua dan guru di jenjang SD dalam memfasilitasi pembelajaran siswa dalam masa pandemi Covid atau kondisi khusus lainnya.

 

Modul ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk mengembangkan perangkat ajar lain dalam upaya memfasiliatsi siswa untuk belajar dalam kondisi khusus. 

 

Modul ini dikembangkan dengan merujuk pada Kompetensi dasar dalam Penyederhaan kurikulum namun aktivitas pembelajaran di optimalisasi untuk mencapai kompetensi lilterasi dan numerasi pada semua mata pelajaran.

 

Modul Belajar Literasi dan Numerasi di Jenjang SD, terdiri dari:

 

1. Modul Belajar Siswa 

 

Berisi aktivitas pembelajaran yang kontekstual, dapat dilakukan siswa yang didampingi oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya dari rumah, dan akan membantu siswa mencapai kompetensi literasi dan numerasi pada berbagai mata pelajaran.


2. Modul Pendamping bagi Guru


Berisi penjelasan mekanisme pendistribusian modul, cara memberikan umpan balik untuk penilaian kinerja siswa, jabaran pemetaan KD dan kerangka acuan modul,serta penjelasan aktivitas siswa selama pembelajaran satu minggu agar guru dapat terus memfasilitasi dan memantau siswa ketika belajar dari rumah.


3. Modul Pendamping bagi Orang Tua


Berisi tips mendampingi anak ketika belajar, tip kegiatan literasi dan numerasi lain yang dapat dilakukan serta tabel organizer yang merangkum pembelajaran dalam satu minggu, memudahkan orang tua untuk menyiapkan keperluan dan strategi belajar anak dalam pembelajaran.
 

Mengapa Berorientasi pada Literasi dan Numerasi?
 

Dalam masa darurat yang didasarkan pada pendidikan pembelajaran, keterbatasan sumber daya dan teknis berdampak pada kemungkinan pembelajaran yang tersampaikan secara utuh, alternatif terbaik adalah pelaksanaan pembelajaran difokuskan pada literasi dan numerasi. 

 

Kompetensi literasi dan numerasi merupakan kompetensi yang fundamental. Meski berorientasi pada literasi dan numerasi, KD yang dirujuk adalah KD dari berbagai mata pelajaran dengan penguatan Pendidikan Karakter dan Kecakapan.

 

 Modul Literasi dan Numerasi SD dapat kalian download pada link dibawah ini :

1. Modul Literasi dan Numerasi SD Kelas 1 DOWNLOAD DISINI
2. Modul Literasi dan Numerasi SD Kelas 2 DOWNLOAD DISINI
3. Modul Literasi dan Numerasi SD Kelas 3 DOWNLOAD DISINI
4. Modul Literasi dan Numerasi SD Kelas 4 DOWNLOAD DISINI
5. Modul Literasi dan Numerasi SD Kelas 5 DOWNLOAD DISINI
6. Modul Literasi dan Numerasi SD Kelas 6 DOWNLOAD DISINI

 

 

 

Baca Juga
Wayan Suastika, S.Pd
Wayan Suastika, S.Pd

Seorang Guru Kelas SD Negeri 1 Wia Wia, Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar