-->
Makalah "HUB dan SWITCH"

Makalah "HUB dan SWITCH"


MAKALAH

“Masalah yang Sering Terjadi pada Hub dan Switch beserta Solusi untuk Permasalahannya ”


 



DISUSUN OLEH :
1.      Niluh Lisna Yanti
2.      Arlindah
3.      Supandi
4.      Dian Pratiwi

SMK NEGERI 1 DANGIA
TAHUN PELAJARAN 2018/2019


 


KATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan segala rahmat serta hidayahnya sehingga kami sapat menyelesaikan makalah ini yang dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan. Adapun judul makalah ini adalah “Masalah yang Sering Terjadi pada Hub dan Switch beserta Solusi untuk Permasalahannya ”.

Terima kasih saya ucapkan kepada guru dan teman kami yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini. Dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca.

Kritik dan saran sangat kami harapkan dari setiap pembaca guna perbaikan dalam makalah berikutnya.



Dangia,  Agustus 2018





Penyusun





DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR .......................................................................................        i
DAFTAR ISI.......................................................................................................         ii

BAB     I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang..................................................................................... 1
B.  Rumusan Masalah......................................................................... ....... 1      
C.  Tujuan........................................................................................... ....... 1      

BAB  II     PEMBAHASAN
A.    Trooble Pada Hub/Switch................................................................... 2
B.     Masalah Yang Sering Terjadi Pada Switch......................................... 2

BAB  III    PENUTUP            
A.    Kesimpulan................................................................................... ....... 5      
B.     Saran ........................................................................................... ....... 5
DAFTAR PUSTAKA





BAB I

PENDAHULUAN



A.      Latar belakang

Pada sebuah jaringan LAN.hub dan switch merupakan perangkat keras jaringan yang paling penting.hub dan switch dapat membantu memecah jaringan menjadi beberapa kernel dan menghubungan setiap komputer client dan server.kerusakan pada switch atau hub tentu saja akan menyebabkan keseluruhan komputer client menjadi tidak dapat bekerja dengan mengakses informasi dari komputer server.  

Perbedaan switch dan hub akan terlihat jelas pada jaringan yang digunakan seperti pada topologi jaringan komputer perangkat ini bertugas untuk memecah paket data dari server menuju client.



B.  Rumusan Masalah

1.  Bagaimana Trooble Pada Hub/Switch?

2.  Masalah Yang Sering Terjadi Pada Switch?



C.  Tujuan

1.  Mengetahui Trooble Pada Hub/Switch

2.  Mengetahui Masalah Yang Sering Terjadi Pada Switch






BAB II

PEMBAHASAN



A.      Trooble Pada Hub/Switch

            Hub/switch merupakan terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja, namun jika HUB yang kita gunakan memang benar-benar positif rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang baru atau dapat diperbaiki ditempat service khusus, namun saran saya lebih baik mengganti dengan yang baru selain kualitasnya yang lebih bagus biasanya biaya memperbaiki hampir sama dengan biaya membeli baru.



B.     Masalah Yang Sering Terjadi Pada Switch

            Meskipun terbilang handal namun tetap saja sering terjadi masalah pada jaringan LAN yang disebabkan oleh perangkat switch yang dipakai. Permasalahan yang timbul, gejalanya bisa begitu membingungkan seperti;

1.      Aplikasi yang menggunakan model client server tidak bisa berjalan normal pada beberapa komputer dari total komputer yang ada.

2.      Ping antar host menghasilkan reply time yang besar atau sama sekali tidak reply namun indicator led pada NIC normal, sama sekali tidak menunjukkan gejala yang aneh.

3.      Komputer atau beberapa host pada jaringan tidak bisa mendapatkan IP secara dynamic.

4.      File sharing sering tidak bisa jalan meskipun hasil tes koneksi ping normal.

5.      Semua koneksi menjadi terputus secara tiba-tiba tanpa ada perubahan sama sekali yang dilakukan oleh administrator jaringan.



Masalah di atas selain disebabkan oleh faktor lain bisa juga disebabkan oleh faktor switch, biasanya persentasenya sekitar 75%. Berikut ini adalah berbagai jenis masalah pada switch yang berdampak pada jaringan computer:

1.        Port switch rusak

Kerusakan pada port switch biasanya disebabkan oleh seringnya terjadi hubungan pendek pada kabel data atau konektor kabel yang tidak bagus. Arus bocor akibat grounding listrik yang kurang baik juga bisa menyebabkan persoalan pada switch.

2.        Switch sering hang

Switch yang sering hang lebih disebabkan oleh adanya arus bocor. Tingginya lalu lintas data yang lewat di switch secara konstan dalam kurun waktu yang lama juga dapat menyebabkan hangnya switch. Masa pakai switch yang sudah cukup lamapun menjadi penyebab switch sering hang dan menunjukan gejala yang aneh.

3.        Tidak berfungsinya fitur-fitur pada switch

Sering switch tiba-tiba tanpa sebab mengalami gagal berfungsinya fitur-fitur penting seperti vlan dan juga fungsi redudansi. Fungi redudansi yang gagal menyebabkan terjadinya looping pada switch. Sedangkan gagal berfungsi fitur vlan menyebabkan semua system menjadi kacau, segment LAN yang berbeda yang awalnya bisa saling berkomunikasi menjadi tidak bisa berkomunikasi, system keamanan menjadi rentan, koneksi antar vlan tertentu menjadi tidak berjalan.

Biasanya tindakan prefentif dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada switch adalah:

1.        Pastikan grounding listrik pada system kelistrikan sesuai denga standar yang berlaku. Grounding yang kurang bagus adalah musuh bagi semua peralatan listrik terutama perangkat-perangkat jaringan seperti switch.

2.        Pastikan kualitas dan beban koneksi yang dipikul oleh switch tidak boleh  melampui kemampuan switch, biasanya ini tergantung pada struktur jaringan. Struktur jaringan dan penempatan jenis switch turut membantu meningkatkan dan menjaga kinerja switch.

3.        Suhu ruangan di mana switch ditempatkan harus cukup  








BAB III

PENUTUP



A.      Kesimpulan

Hub/switch merupakan terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation.



B.       Saran

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih banyak yang tentunga dapat di pertanggung jawabkan.







DAFTAR PUSAKA



http://internetclan.blogspot.com/2017/03/makalah-hub-dan-switch.html



Atau Langsung Download dibawah ini ...!!! 
https://jejaklagu.com/ZJ6V9

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah "HUB dan SWITCH""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel